Sejarah

MAS Proyek UNIVA Medan merupakan salah satu madrasah unggulan yang berada di bawah naungan Majelis Pendidikan Al Jam’iyatul Washliyah yang berlokasi di jalan Sisingamangaraja Km. 5,5 Medan dan masih berada dalam satu wilayah dengan Kampus Universitas Al Washliyah Medan. Madrasah ini didirikan sekitar tahuh 1971.

Pada awalnya, madrasah ini merupakan sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) Negeri 6 tahun. Kemudian, setelah pemerintah memindahkan sekolah Pendidikan Guru Agama ke jalan Pancing Medan, maka didirikanlah sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) Swasta di UNIVA Medan yang menjadi tempat menempa para calon guru agama Islam yang professional di bidangnya masing-masing.

Sesuai dengan perubahan peraturan pemerintah dengan terbitnya Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri pada tahun 1973 tentang penutupan sekolah-sekolah PGA Negeri dan Swasta, maka sekolah-sekolah PGA tersebut bermetamorfosis menjadi Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Maka seiring dengan hal itu pula, sekolah ini berubah nama menjadi MAS Proyek UNIVA Medan dan pada tahun 1978 menerima Piagam Madrasah dengan status Terdaftar yang diterbitkan atas nama Menteri Agama Republik Indonesia oleh Kantor Wilayah Departemen Agama, Kepala Bidang Pendidikan Islam Provinsi Sumatera Utara. Di tengah-tengah masyarakat Kota Medan, hingga saat ini, MAS Proyek UNIVA Medan ini lebih dikenal dengan sebutan Madrasah Aliyah Ex PGA UNIVA Medan.